Jumat, 23 Agustus 2013

Pembocor Rahasia AS Akan Ganti Kelamin Jadi Wanita

MARYLAND, TRIBUNEKOMPAS.
By: Alex. M.

- Gelar baru disandangkan pada nama Bradley Manning, prajurit pembocor rahasia Amerika Serikat. Setelah diembel-embeli sebagai "mantan prajurit yang dipecat secara tak hormat" dan "pengkhianat negara", ia berancang-ancang menambahkan gelar baru, Miss alias Nona.

Melalui pengacaranya, Manning menyatakan akan mengubah kelaminnya menjadi perempuan. Dalam waktu dekat, ia akan menjalani terapi hormon untuk mewujudkan keinginannya itu.

Manning sebelumnya menyebut dirinya Breanna. Dia sebelumnya memang dikenal rekan-rekannya sebagai seorang gay. Namun kini ia tak lagi akan menggunakan nama itu. Nama baru telah dipilihnya, Chelsea.

Soal pilihan nama, ia menyebutnya secara terbuka dalam surat yang ditulis bagi penggemarnya. Dalam surat yang dia tulis untuk mengungkapkan rasa terima kasih telah didukung selama tiga tahun ini, ia mengungkapkan rencana ganti nama itu.

"Saya ingin semua orang tahu diri saya yang sebenarnya. Saya Chelsea Manning. Saya seorang wanita," katanya.

Ia mengaku sebagai wanita sejak kecil. "Saya ingin memulai terapi hormon sesegera mungkin. Saya berharap Anda akan mendukung saya dalam masa transisi ini," ucapnya.

Bradley Manning bakal menghabiskan tiga dekade usianya di penjara setelah hakim menvonisnya dengan hukuman kurungan selama 35 tahun. Ia sebelumnya dituntut 60 tahun penjara.

Hakim juga mengurangi pangkatnya dan  merekomendasikan dia untuk dipecat secara tidak hormat. Manning juga akan kehilangan gaji dan tunjangan.

Mantan analis intelijen Angkatan Darat ini didakwa mencuri 750 ribu halaman dokumen rahasia dan video dan menyerahkannya pada WikiLeaks. Situs ini kemudian memuat hampir seluruh isi dokumen itu.

Sebelum membacakan putusannya, hakim menyatakan kasusnya merupakan kebocoran terbesar bahan rahasia dalam sejarah Angkatan Darat AS. Jaksa mengatakan Manning bertindak sebagai "aktor dalam" yang berperan dalam membocorkan informasi rahasia tentang perang di Irak dan Afganistan dan harus dikurung selama setidaknya 60 tahun.

Manning dinyatakan bersalah atas 20 dari 22 dakwaan terhadap dirinya, termasuk pelanggaran Undang-Undang Spionase AS. Ia terhindar dari hukuman seumur hidup setelah hakim menggugurkan dakwaan "membantu musuh".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar