Rabu, 07 Agustus 2013

Pertama Kalinya Vietnam Suntik Mati Narapidana

HANOI, TRIBUNEKOMPAS.
By: Rangga.

- Untuk pertama kali, Vietnam memberlakukan hukuman mati  dengan cara menyuntikkan zat kimia. Narapidana pertama yang dihukum mati dengan suntikan  zat kimia  adalah  pria usia 27 tahun bernama Nguyen Anh Tuan.

Media pemerintah menyatakan, pemberlakuan hukuman suntik mati terhadap Tuan telah mengakhiri pembahasan panjang cara memperoleh zat kimia setelah Uni Eropa melarang perusahaan-perusahaan kimianya mengekspor produk kimia ke negara itu.

Di rumah tahanan polisi di  Hanoi, Selasa, 6 Agustus 2013, zat kimia yang tidak jelas dari mana asalnya  disuntikkan  ke tubuh Tuan yang membuatnya tertidur lelap. Beberapa saat kemudian jantungnya berhenti berdetak.  Jasadnya kemudian diserahkan kepada keluarga terpidana.

Pengadilan Rakyat Hanoi menjatuhkan hukuman  mati kepada Tuan pada 20 Januari 2010  karena terbukti melakukan pembunuhan dan perampokan terhadap seorang perempuan  pada  Maret  2009.

November tahun 2011, Vietnam  mengamandemen  dekrit  tentang  cara  menghukum mati para narapidananya dari yang sebelumnya ditembak  mati oleh   regu tembak menjadi pemberian suntikan kimia mematikan .

Uni Eropa  yang menentang hukuman mati  terperangah dengan  peristiwa   itu. Pasalnya Uni Eropa sudah lama menerapkan larangan  ekspor produk kimia ke Vietnam  yang dikhawatirkan akan dipakai untuk membunuh orang.   Larangan ini sebagai tekanan agar Vietnam memperbaiki rekam jejak hak asasi manusianya yang buruk selama ini.

Ternyata setelah dekrit diberlakukan,  Vietnam memberi izin kepada  perusahaan lokal untuk memproduksi zat kimia untuk digunakan menghukum mati narapidana.  Hingga saat ini ada 586 narapidana mati yang menunggu  giliran dieksekusi di negara komunis itu.

Ket. Gambar: Pham Minh Hoang, blogger Vietnam yang dibui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar